Dalam postingan kali ini, kita akan membahas tenta istilah yang sering kita temui di internet.
berikut istilah-istilah tersebut.
1.
3G
2.
4G
3.
Account
Sebuah
informasi atau data dari seseorang yang umumnya terdiri dari username (nama
pengguna) dan password (kata sandi) serta beberapa keterangan lainnya.
4.
Archie
Suatu
alat untuk pengindeks-an arsip yang ada di dalam FTP (File Transfer protocol)
yang memungkinkan seseorang untuk melakukan pencarian dengan lebih spesifik.
5.
Attachment
Bentuk
penyampaian pesan yang dilakukan dengan melampirkan atau menyertakan file dari
komputer (umumnya digunakan dalam e-mail).
6.
Bandwith
Lebar
pita, merupakan besaran yang menunjukkan kapasitas transfer banyaknya data yang
dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah jaringan. Kecepatan dapat berubah
setiap saat tergantung kondisi pengguna internet. Satuan kecepatan dari
bandwith yaitu Mbps (Mega bit per second) atau Kbps (kilo bit per second).
7.
Banned
Suatu
tindakan yang dilakukan untuk memblokir identitas/akun tertentu oleh pihak
pengatur dan pengelola (moderator). Umumunya dilakukan dengan penyampaian tegas
melalui chat, e-mail, atau milis karena diduga identitas tersebut telah
melakukan pelanggaran, baikberupa penyalahgunaan perjanjian, diduga mengganggu,
merusak atau mengacaukan kegiatan internet.
8.
Banner
Media
informasi yang umumnya berbentuk gambar untuk menampilkan sebuah iklan
bergambar pada website. Banner ini umumnya berfungsi sebagai ajang promosi
produk, merek, jasa, layanan, tempat atau hal lain yang berbau bisnis.
9.
Blog
Singkatan
dari Web Log yang sebenarnya digunakan sebagai situs pribadi, namun sekarang
mampu menawarkan berbagai informasi, baik berupa pendidikan, kesehatan,
pengalaman, tutorial dan lain-lain di mana keberadaannya sudah seperti layaknya
sebuah website.
10.
Blogger
Seseorang
yang membuat, mengelola, merawat dan memoderasi blog.
11.
Blogging
Kegiatan
yang dilakukan blogger baik berupa mengisi konten, menata desain, mempraktekan
teknik SEO, menjelajahi situs lain, dan lain sebagainya.
12.
Bookmark
Menyimpan
halaman web yang disukai di browser agar di lain waktu dapat dibuka kembali.
13.
Browser/Web Browser
Program
aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi internet atau dengan kata
lain sebagai wadah untuk membuka berbagai halaman website dari penjuru dunia
yang ada di internet. Contoh dari browser ini yaitu Google Chrome, Mozila
Firefox, Safari, Internet Explorer, dan lain-lain.
14.
Browsing
Aktifitas
yang dilakukan seseorang untuk menjelajahi berbagai halaman web untuk mencari
informasi dari internet dengan mengikuti link-link halaman web.
15.
Buffering
Keadaan
dimana aktifitas menonton video terhenti, umumnya karena kecepatan internet
yang lambat, banyak pengguna di jaringan atau paketan habis.
16.
Captcha
Kode
verifikasi untuk melanjutkan ke proses selanjutnya dengan memastikan bahwa
pengguna itu bukan robot.
17.
CGI/Perl
Bahasa
komputer untuk membuat program interaktif dalam sebuah halaman web yang
dikembangkan oleh pemakai sistem operasi berbasis UNIX/Linux.
18.
Chat
Layanan
internet yang memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi melalui teks
tanpa waktu tunggu (realtime).
19.
Chatting
Istilah
yang mengacu pada kegiatan chat itu sendiri.
20.
Comunnication Protocol (Komunikasi
Protokol)
Bentuk
komunikasi satu set aturan standar yang dirancang sedemikian rupa sehingga
sesama komputer saling terhubung dan saling berbagi data/informasi dengan
meminimalisir segala kesalahan yang akan terjadi.
21.
Connect
Menghubungkan
komputer ke koneksi internet.
22.
Close Tab
Menutup
tab yang terbuka pada web browser.
23.
Cookie
Informasi
tentang client dari komputer server lalu kemudian disimpan ke komputer client
itu sendiri.
24.
Cyberlaw
Aturan
atau hukum yang berlaku di dunia maya (internet).
25.
Cryptography
Bentuk
penyampaian pesan dengan menggunakan sandi/kode tertentu sehingga pesan dapat
terkirim dengan lebih aman.
26.
CSS (Cascading Style Sheet)
Kumpulan
script/kode yang tersusun dengan rapi untuk memperindah tampilan dari suatu
halaman web serta dapat mempercepat loading suatu website karena menyingkat
struktur kode HTML. CSS terdiri dari 3 komponen yaitu selector, properti dan
value.
27.
Cybercrime
Segala
bentuk tindak kejahatan yang dilakukan di dunia maya (internet)
28.
Cyberspace
Istilah
yang umum digunakan untuk menggambarkan dunia maya, dipopulerkan pertama kali
oleh William Gibson (novelnya yang berjudul Neuromancer).
29.
Cybersquatting
Aktifitas
yang dilakukan untuk membeli domain di internet namun memiliki kesamaan dengan
suatu perusahaan, nama produk, atau nama seseorang. Karena kesamaan tersebut
pembeli kemudian menjual kepada perusahaan tersebut dengan harga yang relatif
tinggi.
30.
Dial-Up
Jenis
koneksi internet yang menggunakan jaringan telepon.
31.
Disconnect
Memutuskan
hubungan komputer dengan internet yang sedang terkoneksi.
32.
Domain name
Alamat
permanen suatu situs di internet yang bersifat unik dan digunakan untuk
mengidentifikasi sebuah situs/alamat agar dapat ditemukan di internet.
33.
Download
Aktifitas
untuk mengambil file, gambar, video, audio dan data/informasi dari internet
untuk kemudian disimpan/digunakan pada komputer pribadi.
34.
Downstream
Kecepatan
aliran data dari komputer lain ke komputer lokal/pribadi melalui sebuah
jaringan (kebalikan dari upstream).
35.
DSL (Digital Subscriber line)
Suatu
metode transfer data melalui saluran telepon regular.
36.
E-commerce (Electronic Commerce)
Perdagangan
atau transaksi perbankan elektronik melalui media internet.
37.
E-mail (Elektronik Mail)
Aplikasi
yang memungkinkan pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui
jaringan Internet (surat menyurat elektonik melalui internet).
38.
Encryption
Menjadikan
sebuah pesan agar tidak dapat dibaca jika tidak menggunakan suatu program untuk
membukanya.
39.
E-payment
Alat
pembayaran dengan memanfaatkan media elektronik seperti internet.
40.
Flames
Berbagai
pesan di internet yang bersifat menghina atau menjelek-jelekan sehingga membuat
penerima (e-mail) menjadi marah.
41.
Follow
Aktifitas
untuk mengikuti seseorang di internet, misalnya follow akun twitter dan
instagram.
42.
Forward
Kembali
ke halaman web yang telah diakses/dibuka.
43.
Firewall
Sistem
keamanan dalam internet yang berfungsi untuk melindungi sebuah jaringan yang
kecil terhadap jaringan yang lebih luas.
44.
FTP (File Transfer Protokol)
Protokol
yang digunakan untuk mengirim (mentransfer) dan/atau menerima file dari
internet, umumnya berbasis TCP/IP.
45.
Game Online
Game
yang dimainkan secara online (akses internet) dan dapat dimainkan secara
multiplayer.
46.
Gateway
Menerjemahkan
antara 2 protokol berbeda sehingga mampu menyediakan akses untuk menghubungkannya
ke sistem jaringan.
47.
Gopher
Aplikasi
internet untuk mencari informasi yang ada di internet namun terbatas hanya pada
teks dengan cara menghubungkan komputer pribadi ke gopher server yang ada di
dalam internet.
48.
GPRS (General Packet Radio Service)
49.
Guest book
Layanan
interaktif pada suatu website/blog yang memungkinkan pengguna untuk menulis
pesan dan membaca tulisan dari seorang pengunjung.
50.
Hacker
Seseorang
yang ahli di bidang pemrograman komputer dengan kemampuan untuk menembus atau
membobol sistem keamanan jaringan (misalnya di internet).
51.
History
Membaca
atau menampilkan kembali halaman web yang telah dikunjungi, umumnya dilakukan
melalui web browser.
52.
Homepage
Halaman
muka dari suatu situs yang menampilkan informasi/deskripsi mengenai isi situs
tersebut.
53.
Host
Komputer yang menggunakan sistem
operasi multi user yang berada didalam suatu jaringan dan pemakainya dapat
berkomunikasi dengan host lain didalan jaringan tersebut.
54.
Hoax (mail)
Suatu
kebohongan dalam e-mail yang berasal dari alamat yang tidak jelas.
55.
Hosting
Ruangan
penyimpanan seperti layaknya harddisk tempat menyimpan data, file, gambar dan
lain-lain yang kemudian akan ditampilkan dalam sebuah situs.
56.
Hostpot
Lingkup
area yang menawarkan layanan akses internet dengan menggunakan Wi-Fi.
57.
HTML (Hyper Text Markup Language)
Sebuah
bahasa markup atau kode yang digunakan untuk membuat halaman web yang kemudian
menerjemahkan kode tersebut melalui mekanisme internet sehingga dapat
menampilkan informasi kepada pengunjung.
58.
HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Protokol
(antarmuka) yang digunakan pada awal URL site untuk menjelaskan program browser
bahwa antarmukanya adalah HTTP. Contohnya adalah http://www.example.com
59.
HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure)
HTTP
dengan tambahan sistem keamanan untuk melindungi encrpyts dan decrpyts
permintaan dari halaman web.
60.
Hyperlink/link
Koneksi
yang menghubungkan sebuah halaman web ke halaman lainnya dalam internet.
61.
Hypermedia
Suatu
media yang bukan hanya teks saja, melainkan ada tambahan fitur baik itu suara
maupun video.
62.
Hypertext
Teks
Hyper yang maksudnya adalah sebuah teks yang berkaitan dengan dokumen lainnya.
63.
IE (Internet Explorer)
Program
untuk menampilkan halaman website di internet (Web Browser) yang dikembangkan
oleh perusahaan Microsoft.
64.
Inbox
Pesan
masuk kepada penerima.
65.
Internet Banking (i-banking)
Layanan
perbankan yang dilakukan menggunakan jaringan internet.
66.
Internet Marketing
Teknik
pemasaran untuk melakukan usaha/bisnis dengan memanfaatkan media internet.
67.
Internetpreneur
Pengusaha
yang berkecimpung di dunia internet.
68.
Internet-TV
TV
yang mengalami perbuahan dan modifikasi sehingga dapat digunakan sebagai media
untuk berkomunikasi melalui jaringan internet.
69.
Intranet
Sebuah
jaringan lokal yang menghubungkan sesama komputer dalam jaringan lokal, umumnya
digunakan untuk kepentingan internal suatu perusahaan, instansi atau
organisasi.
70.
IP Address
Protokol
yang mengatur sistem pengalamatan dalam jaringan, umumnya dipresentasikan dalam
angka biner yang membentuk satu kesatuan 4 deret bilangan antara 0 sampai 255.
Masing-masing deret dipisahkan dengan titik (.), IP ini juga dibagi menjadi 5
kelas yaitu kelas A, B, C, D dan E. Contoh IP Address yaitu 192.168.0.2 (kelas
C).
71.
IRC (Internet Relay Chat)
Fasilitas/layanan
di internet yang memungkinkan untuk chatting.
72.
ISP (Internet Service Provider)
Suatu
perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk
penggunanya.
73.
Login/Sign-In
Proses
masuk ke dalam sebuah halaman web (misalnya masuk ke dalam akun pribadi) dengan
memasukkan password dan username pengguna.
74.
Logout/Sign-Out
Proses
keluar dari sebuah halaman web (misalnya keluar dari akun pribadi).
75.
Lycos
Sebuah
Search Engine (mesin pencari) yang dapat digunakan untuk mencari informasi.
Sobat bisa mencoba search engine ini di www.lycos.com
76.
Mailing list (Milis)
Aplikasi
internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam
suatu kelompok/forum melalui e-mail internet.
77.
Merchant
Suatu
tempat pemasaran dan penjualan produk, jasa, atau layanan di internet
78.
MIME (Multipurpose Internet Mail
Extension)
Ekstensi
e-mail yang digunakan untuk mengirim berkas melalui attachment e-mail agar
lebih mudah pengirimannya.
79.
MLM (Multi Level Marketing)
Sistem
penjualan/jasa melalui agen distributor group dengan mensponsori orang lain
untuk melakukan hal yang sama (member cari member).
80.
Modem (Modulator Demodulator)
Perangkat
tambahan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog ke sinyal digital
atau sebaliknya dan mampu menghubungkan suatu komputer ke internet.
81.
Netter
Seseorang
yang sering berkecimpung di dunia internet.
82.
Network
Jaringan
antar komputer yang saling terhubung satu sama lain (seperti LAN, WAN, MAN, dan
internet).
83.
Newbie
Seorang
pemula, umumnya baru mengenal sesuatu seperti mengenal internet, baru mengenal
facebook, blog dan lain sebagainya.
84.
News Group
Aplikasi
internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum,
umumnya memiliki kepentingan yang sama untuk membahas topik tertentu.
85.
New Window
Membuka
jendela baru pada web browser untuk membuka suatu halaman web.
86.
Offline
Keadaan
seorang pengguna atau komputer itu sendiri ketika tidak terhubung ke internet.
87.
Online
Keadaan
seorang pengguna atau komputer itu sendiri ketika sedang terhubung ke internet
(kebalikan offline).
88.
Password
Kata
kunci yang umumnya berupa kombinasi huruf, angka atau simbol dan bersifat
rahasia untuk mengamankan suatu informasi pribadi seperti akun di internet.
89.
Paypal
Sistem
pembayaran seperti rekening, namun datanya disimpan di internet (uang dalam
internet).
90.
Point to Point Protocol (PPP)
Protokol
TCP/IP yang sering digunakan untuk mengkoneksikan komputer ke internet melalui
modem atau perangkat lainnya.
91.
Pop-Up
Bagian
pada suatu situs yang melayang sehingga menutupi halaman web, umumnya berupa
iklan, fanspage atau promosi gambar lainnya.
92.
POP (Post Office protokol)
Protokol
untuk mengambil atau membaca sebuah e-mail dari sebuah server yang ada di
internet ke komputer lokal/pribadi.
93.
Protokol
Aturan
standar yang mengatur mekanisme suatu jaringan sehingga sesama komputer dapat
saling terhubung untuk berkomunikasi.
94.
Proxy server
Sebuah
komputer server yang dapat melakukan sebagai komputer lainnya untuk melakukan
request terhadap content dari internet atau intranet.
95.
Referrer
Suatu
alamat situs/URL yang berasal dari pengunjung.
96.
Refresh
Menyegarkan
atau memperbaharui suatu halaman web.
97.
Reload
Memanggil
kembali halaman web (dimuat ulang).
98.
Search Engine (Mesin Pencari)
Program
suatu website yang digunakan untuk mecari informasi/data yang ada di internet.
Contoh Search Engine yang sering digunakan saat ini yaitu Google, Yahoo, Lycos,
Bing dan masih banyak lagi.
99.
SEO (Search Engine Optimazion)
Suatu
teknik pada suatu website/blog dengan bersaing menjadi urutan teratas dalam
hasil pencarian mesin pencari untuk meningkatkan traffik/kunjungan. Suatu
website yang menerapkan teknik SEO akan lebih mudah tampil di halaman pertama
mesin pencari, dengan begitu pengunjung akan berdatangan karena website
tersebut mudah ditemukan. Semakin baik tekniknya, suatu website akan mudah
mengalahkan saingannya di mesin telusur.
100.
SERP (Search Engine Result Page)
Halaman
web tertampil hasil pencarian mesin pencari berdasarkan kata kunci tertarget.
101.
Shareware
Perangkat
lunak (software) yang dibagikan secara gratis oleh pengembang dan biasanya
dibagikan melalui internet.
102.
Sign up
Proses
pendaftaran/registrasi layanan internet dalam pembuatan ID atau akun tertentu.
Misalnya saja ketika belum mempunyai akun e-mail, kita bisa mendaftar akun
lewat situs yang melayani e-mail (seperti gmail, yahoo mail). Saat mendaftar
kita dikenai prosedur/mekanismenya seperti mengisi biodata, nomor HP dan
lain-lain. Sign Up ini juga berlaku pada saat pendaftaran Facebook, Twitter dan
lain sebagainya.
103.
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
Protokol
untuk mengirimkan e-mail dari komputer lokal/pribadi kepada server melalui
jaringan internet (kebalikan dari protokol POP).
104.
Spam
Pesan
komersial atau iklan yang ditujukan kepada penerima (umumnya di
newsgroup/e-mail) namun sebenarnya pengguna tidak menginginkan pesan tersebut
masuk.
105.
Spider
Istilah
yang mengacu pada penjelajah suatu website di internet, atau dengan kata lain
mesin pencari itu sendiri.
106.
Streaming
Kegiatan
menonton gambar bergerak/video secara online.
107.
Subscribe
Layanan
yang memudahkan seseorang untuk berlangganan, misalnya subscribe channel
youtube atau berlangganan blog sehingga ketika ada artikel/video baru langsung
bisa diketahui.
108.
Surfing
Aktifitas
berselancar menjelajahi halaman web di internet (bisa juga dikatakan browsing).
109.
Telnet
Layanan
remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi agar
seorag pengguna internet dapat mengakses (login) ke sebuah terminal (remote
host) dalam lingkungan jaringan internet.
110.
Thread
Serangkaian
surat yang ada dalam sebuah forum diskusi di internet.
111.
Unfollow
Batal
mengikuti akun seseorang di internet.
112.
Unsubscribe
Batal
berlangganan, misalnya batal berlangganan blog/channel youtube.
113.
Update
Memperbaharui
sesuatu agar lebih optimal, misalnya memperbaharui program antivirus agar virus
baru juga dapat discan dengan baik.
114.
Upload
Kegiatan
yang dilakukan untuk mengunggah/mengirim informasi atau data berupa file,
dokumen, foto, video atau audio dari komputer pribadi ke internet.
115.
Upstream
Kecepatan
aliran data dari komputer lokal (milik pribadi) ke komputer lain yang terhubung
dalam satu jaringan, misalnya jaringan internet.
116.
URL (Uniform Resource Locator)
Suatu
sistem yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat website, alamat URL
merupakan alamat dari sebuah halaman web contohnya adalah www.siswamaster.com
117.
Username
Nama
pengguna, biasanya terdapat dalam sebuah akun di internet.
118.
VPN (Virtual Private Network)
Jaringan
yang sebagian di antaranya terhubung dengan internet, tetapi di sisi lain lalu
lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami pengacakan
(proses enkripsi) sehingga mengakibatkan network secara private/virtual
(tertutup).
119.
WAP (Wirelles Aplication Protocol)
Protokol
untuk aplikasi wirelles yang merupakan hasil kerjasama industri untuk membuat
standarisasi terbuka dan berbasis pada standar internet.
120.
Web Designer
Seseorang
yang ahli dalam mendesain sebuah website agar tampilannya tampak menarik dan
bagus jika dinilai oleh pengunjung.
121.
Web Developer
Seseorang
yang memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman untuk menciptakan website
dinamis yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung.
122.
Web Hosting
Perusahaan
yang menyediakan layanan untuk berbagi tempat penyimpanan suatu data/informasi
pada sebuah website (intinya penyedia hosting).
123.
Web Master
Seseorang
yang memiliki keahlian di dunia website
124.
Web Page
Halaman
web
125.
Web Portal
Website
yang menyediakan berbagai informasi dan layanan bagi pengunjungnya.
126.
Webmail
Sebuah
web yang menyediakan fasilitas dan sarana untuk pengiriman, penerimaan dan
pembacaan email.
127.
Website (Situs)
Kumpulan
halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar, gerak, suara, dan
atau hubungan dari semuanya itu baik bersifat statis maupun dinamis yang
membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling terkait di mana masing-masing
dihubungkan dengan berbagai link.
128.
Wi-Fi (Wirelles Fidelity)
Bentuk
transfer data untuk mengakses internet yang dilakukan secara nirkabel (tanpa
kabel).
129.
WWW (Worl Wide Web)
Sistem
menampilkan informasi baik berupa teks, gambar, audio atau video dalam bentuk
hypertext dan dapat diakses oleh browser.
130.
Xml
131.
Veronica
Mesin pencari untuk protokol Gopher,
diciptakan pada tahun 1992 oleh Steven Foster Fred Barrie dari University of Nevada.
132.
Voice mail
Sama seperti halnya dengan e-mail
akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.
133.
Spyware dan Adware
134.
POP Mail
135.
Phising
136.
Plugin Netfind
137.
Netiquette
138.
Netizen
139.
HSDPA
140.
FAQ (frequently asked question)
Bentuk informasi yang menyajikan
pertanyaan dan jawaban untuk memeberikan kemudahan bagi pemakai menguasai atau
memecahkan permasalahan yang di hadapi.
141.
Cracker
142.
Cache
Mekanisme untuk mempercepat transfer
data dengan cara menyimpan data yang telah diakses di suatu buffer, jika data
yang sama akan di akses lagi prosesnya akan lebih cepat
143.
Broadcast
144.
BITNET
Secara teknis, BITNET merupakan
jaringan point-to-point “menyimpan dan meneruskan”. Dalam hal ini sebuah pesan
email dari sebuah komputer ditransmisikan secara bertahap dari satu server ke
server lainnya sampai tiba di komputer tujuan.
145.
Client
Sebuah komputer yang bertugas
menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh
user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.
146.
Client-Server
Suatu konsep dimana client adalah
perangkat yang menerima dan server adalah perangkat yang menyediakan. Client
menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi sedangkan server
bertindak sebagai pengelola aplikasi data dan keamanannya.
147.
Dial-up
Networking
Fasilitas network yang di miliki
oleh oleh sistem oprasi microsoft.
148.
Freeware
Program yang ditempatkan diinternet
dan dibagikan secara gratis, setiap orang diperbolehkan mengambil file
tersebut.
149.
GIF
(Grafical Interchange Format)
Suatu format file gambar. GIF
mepunyai ukuran file yang kecil, sehinggah banyak yang digunakan sebagai format
gambar di internet.
sumber :
Komentar
Posting Komentar